Rumus Excel Mengkalkulasikan Cicilan Angsuran Kpr Rumah

Saat ini anda mampu memiliki rumah idaman walapun anda belum punya cukup duit untuk membelinya.  Dengan perlindungan Pembiayaan KPR Rumah dari Bank anda mampu menghuni rumah yang ingin anda miliki.  Namun tentunya agar hak milik rumah dipegang sarat oleh anda maka mesti melunasi cicilan ongkos yang dibebankan Bank ke anda.


Jika anda ingin berbelanja atau merenovasi rumah dengan akomodasi KPR perbankan maka anda perlu tahu berapa besar cicilan atau angsuran perbulannya.  Biaya angsuran perbuan dapat dimengerti dari berapa tenor dan bunga yang diberikan bank terhadap anda. Anda tidak perlu sakit kepala dalam menghitung besaran cicilan KPR, dengan adanya ponsel pintar yang mutakhir kini anda dapat mengkalkulasikan cepat.


Saat ini Banyak smartphone yang dilengkapi dengan kemudahan Office mirip halnya di komputer.  Dengan memakai Excel maka anda dapat mengetahui cicilan KPR anda, karena di Excel sudah tersedia rumusnya.  Pada kesempatan ini aku akan share caranya:


Menghitung Besar Cicilan Angsuran KPR Rumah dengan Rumus Excel


1. Buka M. Excel anda


2 Contoh soal misal anda ingin berbelanja rumah yang harganya 500 juta, kemudian anda memiliki uang 100 juta untuk DP ke penjual.  Maka 400 anda KPR-kan ke Bank dengan tenor 120 bulan.  Dan menunjukkan bunga atau margin 14%


3. Maka bila dimasukkan ke file Excel selaku berikut:


Rumus Excel Menghitung Angsuran KPR Rumah


4. Cara penyelesaiannya yaitu kita gunakan rumus PMT, yitu letakkan kursor ke kolom Angsuran, kemudian ketikkan rumus:


menghitung cicilan KPR


=PMT(B2/12;B3;-B1)


Keterangan:



  • B2 yaitu Besaran bunga atau margin, kemudian dibagi 12 bulan

  • B3 yaitu tenor

  • -B1 ialah besarnya santunan, diberi aka (-) semoga hasil final bernominal nyata


5. Dan berikut karenanya :


menghitung angsuran kpr excel


Maka dengan derma 400 juta yang anda ejekan ke KPR Bank dengan 14% bunga/margin dengan maka angsuran yang mesti anda bayar sebesar Rp 6.210.657 selama 120 bulan atau 10 tahun.


Tentunya cara ini berguna sekali untuk anda yang ingin memilih bank mana yang mau pilih untuk mengajukan KPR.  Selamat menjajal dan semoga berguna.


Comments

Popular posts from this blog

Cool Ciri Ciri Urin Saat Hamil Muda 2023

103+ Humming Birds

193+ Hummingbird Feeder Recipe